20 Keuntungan Investasi Properti yang Cukup Menggiurkan

Investasi Properti yang Cukup Menggiurkan

Perkembangan investasi di bidang properti memang tidak bisa dielakkan lagi. Selain keuntungannya besar, faktor kegagalannya pun juga bisa diminimalisir sejak awal. Dengan lebih dari 20 keuntungan investasi properti ini, tidak heran jika proyeknya menjamurnya hingga sekarang.

Peluang Investasi Properti

Investasi properti dari tahun ke tahun terlihat terus mengalami peningkatan. Itu artinya, semakin banyak pula orang yang mempercayakan modalnya untuk mengambil bagian dari bisnis ini. Indonesia sendiri memiliki tingkat stabilitas yang tinggi untuk penanaman modal di bidang properti.

Dengan kata lain, peluangnya cukup terbuka lebar untuk investor dalam ataupun luar negeri. Meskipun demikian, banyak tantangan yang harus dihadapi, baik dari segi pertimbangan kelanjutan bisnis ataupun perhitungan keuntungan jangka pendek, menengah dan juga jangka panjangnya.

Dalam hal ini, pemerintah juga mengambil bagian dari adanya kebijakan mengenai kepemilikan properti bagi warga Negara asing. Sehingga hal ini menjadi kabar baik bagi investor dalam negeri dan menambah peluang investasi tanpa perlu takut dominasi warga Negara asing.

Tantangan dalam Investasi Properti

Meskipun investasi di bidang properti menawarkan banyak peluang dan keuntungan, namun di balik hal tersebut masih ada tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya yaitu pemilihan lokasi, bahwasannya semakin hari lahan kosong semakin berkurang apalagi jika lokasinya di daerah perkotaan.

Padahal pemilihan lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, wisata, perkantoran dan lain sebagainya merupakan poin utama dan paling banyak diminati. Hal ini menjadi salah satu catatan untuk investor yang akan memulai investasinya.

Selain itu, modal awal juga menjadi tantangan tersendiri dimana banyak pemilik properti atau lahan kosong yang mematok harga mahal. Sehingga, cukup sulit untuk mendapatkan sewa ataupun membeli lahan tersebut untuk pengembangan selanjutnya.

Pertimbangan Sebelum Memulai Investasi Properti

Dalam memulai investasi properti, banyak persiapan yang harus dilakukan, salah satunya yakni strategi untuk menjalankan bisnisnya. Dengan pemilihan strategi terbaik, diharapkan keuntungan dapat diperoleh secara maksimal. Bukan hanya saat itu, namun untuk jangka panjangnya.

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu faktor developernya. Dengan menggaet developer berpengalaman, maka hasil yang didapatkan juga akan tinggi kualitasnya. Selain itu, lokasi properti juga harus dipertimbangkan, semakin strategis lokasinya maka akan semakin banyak pula peminatnya.

Fasilitas juga menjadi faktor lain yang harus dicermati. Hal tersebut dikarenakan, setiap orang pasti menginginkan hunian yang didukung dengan berbagai fasilitas memadai, sehingga mereka bisa lebih nyaman dan betah untuk tinggal di sana dalam waktu yang lama.

Keuntungan Investasi Properti

Meskipun banyak bermunculan bisnis properti di luar sana, namun peluang untuk mendapatkan keuntungan masih terbuka lebar. Selain itu, banyak hal yang menjadi pertimbangan seperti 20 keuntungan investasi properti yang membuat investor tanpa ragu menanamkan modalnya.

1. Investasinya Jangka Panjang

Bisnis di bidang properti bisa dibilang sangat menjanjikan. Meskipun terkadang modal yang Anda butuhkan lumayan besar, namun hasilnya bisa dinikmati hingga nanti di masa depan. Seiring banyaknya orang yang membutuhkan, investasi ini sepertinya tidak akan pernah mati.

Meskipun bisnis properti memiliki jangka yang lumayan panjang, namun hal tersebut tidak akan berpengaruh pada harganya. Justru semakin lama bisa semakin mahal, sehingga keuntungan yang didapatkan akan terus bertambah besar pula.

Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki tanah di lokasi strategis berbondong-bondong membangun sebuah hunian untuk investasi di masa depan. Misalnya seperti kos-kosan di sekitar kampus, pusat perbelanjaan dan perkantoran.

2. Banyak yang Membutuhkan

Properti merupakan salah satu investasi yang banyak dilirik oleh para investor di era millenial ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena semakin hari cukup banyak orang yang membutuhkan, baik berupa rumah untuk tempat tinggal ataupun ruko untuk memulai sebuah usaha pribadi.

Dengan banyaknya kebutuhan masyarakat, bisa dikatakan investasi di bidang ini akan terus bertahan meskipun di luar sana banyak investor baru bermunculan. Di sisi lain, jenis usaha ini juga bermacam-macam, sehingga banyak alternatif dan ide yang bisa dijadikan pilihan.

Seperti hunian vertikal seperti apartement, mall ataupun bangunan hotel, bisa juga berupa hunian horizontal seperti rumah tapak, bangunan ruko, toko dan lain sebagainya.

3. Risiko Kerugian Rendah

Investasi di bidang properti terbilang cukup rendah risikonya. Hal ini dikarenakan pergerakan harga properti tidak dipengaruhi oleh saham ataupun pasar. Dengan demikian, harga jual ataupun sewanya tidak mudah mengalami penurunan. Bahkan cenderung naik di setiap tahunnya.

Berbeda dengan investasi lainnya, bisnis properti ini cenderung stabil pergerakannya dan sangat cocok untuk mereka yang belum memiliki pengalaman atau baru saja memulainya. Meskipun modal awalnya cukup besar, namun risiko kerugiannya sangatlah kecil.

Hal inilah yang menjadikan bisnis ini semakin menjamur, baik di dalam ataupun di luar negeri. Dengan risiko yang sangat rendah, Anda bisa mendulang berbagai keuntungan.

4. Bisa Disewakan

Investasi dalam bidang properti tidak hanya untuk diperjual ataupun belikan. Sebagai pemilik, investor juga bisa menyewakannya baik dalam jangka waktu perbulan ataupun tahunan. Seperti halnya sebuah kos ataupun ruko yang dikontrakkan.

Dengan cara menyewakan seperti ini, mereka bisa mendapatkan penghasilan sebelum laku dan menjualnya pada masyarakat umum. Selain itu, jika tujuannya memang untuk disewakan, maka mereka akan mendapatkan arus kas tetap dan bisa mengembalikan modal meskipun secara perlahan.

Di samping itu, dengan cara menyewakannya, akan mempermudah pihak yang belum mampu membeli atau membangun hunian sendiri. Untuk cara menjalankannya, bisa menggunakan tarif biaya bulanan ataupun tahunan.

5. Harganya Stabil

Harga properti terbilang sangat stabil, karena investasi di bidang ini tidak ada pengaruhnya dalam masalah perekonomian Negara. Dengan demikian, meskipun kondisi perekonomian sedang mengalami naik turun, Anda tidak perlu takut jika saja akan kehilangan keuntungannya.

Selain itu, karena tidak tergantung pada harga pasar ataupun faktor lainnya, investasi properti ini bisa diandalkan tanpa perlu khawatir harga anjlok karena pengaruh suatu hal. Sehingga, bisa dengan tenang dengan kestabilan harganya tanpa perlu repot memantau keadaan di luar sana.

6. Tidak Memerlukan Keahlian Khusus

Untuk berinvestasi di bidang ini, tidak ada keahlian khusus yang diperlukan. Siapa saja memiliki kesempatan untuk terjun di dalamnya. Bahkan, hanya perlu menyiapkan modal dan menyusun rancangan mengenai jenis properti apa yang akan dibuat kedepannya.

Namun, dalam melakukannya harus memperhatikan beberapa cara yang sesuai. Jika mengalami kendala tertentu, tanyakan ke beberapa orang ahli di bidang tersebut. Sehingga, akan mendapat jalan keluar terbaik dari permasalahan yang dihadapi.

7. Sebagai Sumber Pendapatan Tetap

Properti bisa digunakan sebagai sumber pendapatan setiap bulannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyewakannya, baik dalam bentuk kos-kosan, kontrakkan, ruko, toko ataupun jenis lainnya. Hasil dari penyewaan tersebut bisa dijadikan sebagai pendapatan tetap sampai waktu sewa habis.

Hal ini cukup menguntungkan, karena Anda tidak perlu bersusah payah mendapatkan uang setiap bulannya. Terlebih jika properti yang disewakan cukup banyak dan berada di wilayah yang strategis, tentunya hal tersebut akan menambah pemasukan finansial.

8. Target Pasar Luas

Perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi penyebab kenapa properti banyak dicari sekarang ini. Apalagi ketika terjadi urbanisasi, hal tersebut membuat pangsa pasar semakin meluas dan jenis properti yang dibutuhkan semakin beragam.

Baik yang memiliki harga rendah ataupun tinggi, dalam bentuk hunian ataupun toko yang disewakan. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan jika investasi di bidang properti ini memiliki peluang tinggi di saat arus globalisasi berkembang pesat seperti saat ini.

9. Cepat Balik Modal

Properti menjadi salah satu bisnis yang bisa dibilang cukup cepat balik modalnya. Hal ini dikarenakan, semakin banyaknya orang yang mencari hunian untuk mereka tinggal ataupun digunakan sebagai lapak membuka usaha.

Dengan banyaknya minat dan kebutuhan konsumen ini, maka properti dengan jenis dan harga berapapun akan dengan mudah laku. Sehingga Anda bisa merasakan keuntungan dengan cepat. Semakin strategis letak properti yang dibangun maka semakin besar pula minat konsumennya.

10. Keuntungan Akan Terus Meningkat

Seperti tidak ada ruginya, bisnis ataupun investasi di bidang properti ini akan terus mendulang keuntungan dari tahun ke tahun. Banyaknya kebutuhan publik yang tidak didukung dengan lahan memadai menjadi faktor mengapa harganya terus meningkat setiap tahunnya.

Dengan keuntungan jangka panjang ini, banyak investor baru yang bermunculan dan tertarik membangun berbagai jenis hunian. Baik hunian susun seperti apartemen ataupun hunian tapak seperti rumah, kos-kosan aatupun ruko dan toko.

11. Investasi yang Terlihat Secara Fisik

Tidak seperti investasi di bidang lainnya, investasi properti ini jelas sekali terlihat wujudnya. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengamati jika saja minat pasar menurun dan juga faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Melalui pengamatan ini, juga bisa memperbaiki apa saja yang mempengaruhi dan masalah bisa dengan cepat teratasi. Sehingga, kerugian bisa diantisipasi dan risiko hilangnya investasi sangatlah kecil.

12. Pemilik Atau Investor Mendapat Kendali Penuh

Dengan investasi di bidang properti ini, Anda sebagai pemilik memiliki kendali penuh atas bangunannya. Hal ini sangat menguntungkan karena semua keputusan akan berada di tangan. Baik itu saat menjual, menyewakan, memperbaiki, menahan ataupun yang lainnya.

Tentunya, hal ini sangat berbeda dengan investasi di bidang finansial yang hanya bisa membeli, menahan ataupun menjual investasinya. Dengan kata lain, semakin ke sini semakin banyak masyarakat yang ingin berinvestasi di bidang properti dan tergiur atas keuntungannya.

13. Bisa Dijadikan Sebagai Jaminan Pinjaman

Banyak alasan kenapa bisnis properti berkembang pesat saat ini, salah satunya yaitu bisa digunakan sebagai jaminan sebuah pinjaman. Sudah hal yang umum jika bank atau lembaga pengkreditan akan memberikan prioritas terhadap mereka yang memiliki jaminan properti.

Dengan jaminan tersebut, mereka bisa dengan mudah mendapatkan modal yang bisa digunakan untuk perputaran. Selain itu, juga bisa untuk menambah unit properti lagi, namun keuntungannya harus digunakan untuk menutupi pinjaman yang telah digunakan.

14. Tahan Terhadap Inflasi

Secara umum, seseorang membeli tanah ataupun properti untuk melindungi agar investasi tidak akan terkikis oleh inflasi. Itu artinya, banyak orang yang telah menyadari jika bisnis di bidang properti tidak akan turun nilai investasinya seperti nilai mata uang yang bisa saja tergerus inflasi.

Bahkan, karena jarangnya lahan kosong yang ada, nilai investasi di bidang ini cenderung terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tentunya hal ini merupakan sebuah keuntungan yang bisa dirasakan di masa depan saat di usia tidak produktif lagi.

15. Bisa Menggunakan Modal dari Pihak Lain

Membangun bisnis properti memang membutuhkan modal yang cukup besar. Namun demikian, bukan berarti Anda harus menyiapkan modal tersebut tunai dan menunggu lama hingga semua terkumpul sepenuhnya. Bisnis properti bisa menggunakan modal pihak lain, contohnya seperti bank.

Dengan hanya mengeluarkan modal 20% hingga 30% dari modal yang diperlukan, kini Anda bisa menggunakan pinjaman bank untuk sisanya. Dengan perputaran uang yang baik, maka keuntungan bisnis bisa digunakan untuk mencicil pinjaman yang telah digunakan.

16. Mempunyai Nilai Tambah

Properti bisa saja memiliki nilai tambah yang berasal dari pengembangan bangunan di sekitar lingkungan. Misalnya saja seperti adanya bangunan café, pasar, mall ataupun tempat wisata menarik lainnya. Sehingga properti tersebut juga akan terus bertambah nilai jualnya.

Selain itu, letaknya yang strategis juga sangat mempengaruhi harga. Misalnya properti yang dijual di area pinggiran akan berbeda dengan yang letaknya di tengah-tengah kota. Semakin mudahnya akses menuju fasilitas umum, maka semakin bertambah pula nilai investasinya.

17. Peningkatan Pendapatan Tahunan

Dari yang semula hanyalah tanah kosong, Anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah hunian ataupun ruko. Dengan menyewakan hunian atau ruko tersebut, akan memperoleh keuntungan dari tarif sewa yang telah ditetapkan.

Karena sifat tanah yang semakin langka hingga saat ini, peningkatan kebutuhan dan juga harga properti akan terus terjadi selama perekonomian di suatu negara terus tumbuh kedepannya. Hal ini lah yang menyebabkan pendapatan tahunan juga akan mengalami peningkatan.

18. Daya Pengungkit Investasi Tinggi

Investasi di bidang properti memiliki daya ungkit yang tinggi, misalnya saja investor berinvestasi properti dengan uang 200 juta rupiah sebagai uang mukanya, maka investor bisa memiliki investasi properti sebesar 700 juta rupiah atau bahkan lebih.

Jika saja nilai investasi naik hingga 10% maka akan menjadi 770 juta rupiah, dalam hal ini keuntungan investor mencapai 70 juta rupiah atau 50% dari investasi awal. Inilah mengapa investasi properti dikatakan memiliki daya ungkit yang tinggi.

19. Passive Income

Investasi dalam bidang properti bisa dijadikan sebagai salah satu pendapatan passive, yang artinya investor bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan tanpa perlu bekerja. Setelah semua properti sepenuhnya selesai dibangun, Anda bisa menyewakannya menjadi sebuah tempat umum.

Dengan demikian, tidak perlu bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan penghasilan tetap, karena biaya sewa akan secara rutin didapatkan setiap bulan atau tahunnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan menarik kenapa banyak orang yang minat investasi di bidang ini.

20. Kebanggaan Investor atau Pemilik

Jika dibandingkan dengan investasi lain, investasi properti akan menimbulkan rasa bangga. Dahulu kala orang yang memiliki banyak properti mendapat sebutan tuan tanah yang artinya mereka merupakan golongan dari orang kaya.

Karena sifatnya yang terlihat secara fisik ini, membuat investor terlihat menonjol kepemilikan atas kekayaannya. Dengan demikian, mereka akan memiliki nama yang bisa dikenal oleh masyarakat luas yang tentu saja akan mempermudah semua jalannya.

Berkaca dari 20 keuntungan investasi properti ini, tidak ada salahnya jika Anda ingin menanamkan modal di sana. Meskipun menyajikan berbagai keuntungan, investasi properti juga memiliki berbagai tantangan yang harus siap dihadapi. Maka pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mengambil bagian dari bisnis ini.

Galeri untuk 20 Keuntungan Investasi Properti yang Cukup Menggiurkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *